Perdana, Tahun Ini ELSA STBA Persada Bunda Bersama Dosen Turun Mengajar Ke Panti

Sabtu, 25 Juni 2022

Oleh Meli Lestari

Setiap individu manusia sedikit atau banyak pasti memiliki jiwa sosial didalam dirinya. Hanya saja terkadang simpati juga empati sosial ini perlu diberdayakan juga agar tidak hilang keberadaannya. Dalam rangka mewujudkan hal itu, bertepatan pada Sabtu (25/06/22) ELSA (English Literature Student Association) STBA Persada Bunda melakukan kunjungan kepada Panti Asuhan Putri Ladang Amal, Pekanbaru. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa anggota ELSA dan juga salah seorang dosen dari STBA Persada Bunda.

Panti Asuhan Putri Ladang Amal yang berada di Jalan Paus/Jalan Melem Gang H. Lima Satu No. 2 Marpoyan Damai Pekanbaru, ini telah berdiri selama lebih dari enam tahun dibawah tanggung jawab Alumni SMAN 1 Bukittinggi. Terdapat 17 anak putri didalamnya yang mana 3 orang berada di bangku SD, 11 anak masih SMP, dan 3 anak sudah masuk SMK. Panti ini memiliki tanah yang cukup luas dengan satu ruangan memanjangyang dibagi menjadi beberapa sekat untuk kamar tidur, kamar mandi, dan juga kantor. Sementara dilantai dua terdapat ruangan yang berfungsi sebagai aula dan disisi bangunan lainnya terdapat ruangan untuk dapur. Panti ini dikelilingi oleh pagar besi demi menjaga keamanan anak-anak panti.


140f6969d5213fd0ece03148e62e461e.jpg


Pemberian materi oleh anggota ELSA

Dalam kegiatannya, ELSA bersama dosenmengusung tema "Learning for Fun" dengan tujuan agar anak-anak panti tidak merasa bosan ketika materi berbasis bahasa Inggris ini dibagikan. Sebagai pembuka, Maam Silvia Utami, S.Pd., M.Pd selaku dosen STBA Persada Bunda memberikan awareness tentang betapa pentingnya bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dengan diselingigamesinteraktif. Barulah setelahnya dilanjutkan dengan serangkaian materi yang disampaikan oleh anggota ELSA yang bertugas pada hari itu. Kedua kegiatan pengajaran ini diselingi juga dengangame-gamemenyenangkan agar sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Pemenanggamemendapatkan bingkisan dari panitia yang diwakili oleh Meli Lestari sebagai ketua Panitia program ELSA Mengajar. Kemudian sebagai penutup, barulah pemberian sejumlah barang-barang kebutuhan perempuandan juga pakaian diserahkan kepada anak-anak panti yang berasal dari donasi para dosen Persada Bunda.


ec5decca5ed3d6b8079e2e7e7bacc9f2.jpg


Pemberian materi oleh dosen STBA Persada Bunda

Bentuk donasi ini sesuai dengan permintaan yang disampaikan oleh ketua panti, "Untuk sembakoInshaAllahsudah bisa dikatakan cukup karenaAlhamdulillahbanyak donatur yang menyumbangkan sembako kepada panti. Karenanya, untuk menghindari penumpukan bahan makanan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya donasi yang diberikan berupa barang-barang yang dibutuhkan anak-anak perempuan saja. Semakin besar mereka semakin memerlukan banyak hal sampai terkadang harus menyisihkan uang jajan mereka. Jadi ada baiknya seperti itu," ucap Ibu Ida ketika ditemui tim ELSA untuk survei beberapa bulan sebelum kegiatan ini diadakan. Ibu Ida juga menyampaikan bahwa tidak hanya dalam bentuk donasi, Panti juga menyambut dengan baik jika rekan-rekan mahasiswa kiranya hanya berniat menyumbangkan ilmu pengetahuan saja karena semua sama baiknya, jelas Bu Ida. Meski dilakukan pada waktu siang menuju sore hari, kegiatan ELSA Mengajar bersama dosen ini tetap bisa berjalan dengan baik dan juga lancar. Semua pihak merasa senang atas terjalinnya tali silaturahmi pada hari itu.


b3e3e393c77e35a4a3f3cbd1e429b5dc.jpg


Serah Terima Bingkisan Pemenang Games oleh Ketua Panitia


List Komentar