Jurusan Sastra Inggris ? Cocok gak sama aku?

Sabtu, 05 September 2020

Sastra Inggris ? apa yang pertama kali terlintas dipikiran kamu ketika mendengar atau melihat dua kosa kata ini ? sesuatu yang menyenangkan atau malah membosankan ?Disini saya akan memantabkan hati kamu ( aseeekkk ) yang lagi bingung mau milih jurusan apa di kuliah, untuk memilih jurusan SASTRA INGGRIS . bagi kamu yang lagi bingung , galau , gundah gulana , artikel ini akan sangat membantu anda . jadi make sure baca sampai habis yaaa

well , disini saya akan membahas tentang apa aja sih kelebihan sastra inggris ? sastra inggris itu tidak kalah penting dari jurusan lain juga loo , dan bisa dipastikan tetap bersaing di ruang lingkup kerja nantinya. dan ini berdasarkan pengalaman saya sebelum memilih jurusan yaa , saya juga sama bingungnya kok ketika memilih jurusan , tapi sekarang sudah tidak lagi karena saya masuk ke jurusan yang tepat. let's check it out.

1.BISA BAHASA INGGRIS ITU BONUS DOANG

banyak banget yang bisa kamu dapetin dari jurusan ini. mulai dari sastranya ( of courseee ) , kita bisa mempelajari sastra lebih mendalam , dan ini bagi yg tertarik dengan sastra boleh banget nih . ada juga ilmu ICTnya (Information and communications technology ) , business in english , how to speak and pronouce better and many more . jadi ya seiring waktu bahasa inggris sudah seperti makanan sehari" , thats why i said bisa bahasa inggris itu bonus doang.

2. LEBIH BERWAWASAN LUAS KARENA MEMPELAJARI BUDAYA NEGARA ASING

Selain punya pemahaman yang baik mengenai berbagai kesusastraan mancanegara, kamu juga memiliki wawasan yang luas soal budaya, ekonomi, politik, dan sejarah negara-negara asing.

3. BISA MEMULAI KARIR DIKAKI SENDIRI

bagaimana caranya ? well , kamu bisa buka privat buat segala umur ( SD - Kuliah ) . privat disini privat bahasa inggris yaa , banyak kok orang yang sukses hanya dengan buka jasa privat , dan kamu juga bisa lakuin ini bahkan sebelum kamu lulus kuliah , jadi bagi yang pengen dapat uang jajan lebih buat beli skinker ( *skincare lol ) atau buat bantu uang semesteran kamu cara ini boleh banget

4. SUKA TRAVELLING ? PAS BANGET NI

seperti yang udah dijelasin di poin pertama , bahasa inggris itu udah jalan didarah kamu , jadi ya kalau bepergian misalnya backpacking kamu juga gk bakalan panik buat ngomong sama bule ( ciaa ciaa ) atau sama orang lokal , biarpun pergi ke tempat yang gk terlalu banyak english speakernya setidaknya ada bahasa universal yang kamu pegang .

5. BANYAK PERUSAHAAN BESAR MENGHARUSKAN "FASIH BERBAHASA INGGRIS" SEBAGAI SYARAT UTAMA UNTUK BERGABUNG.

yang ini udah gak perlu dijelasin lah ya , zaman sekarang bisa dua bahasa ( bilingual ) atau lebih, akan di prioritaskan dibandingkan dengan yang hanya menguasai 1 bahasa , apalagi di perusahaan yang bergerak di pariwisata , kedutaan , media ( film , jurnalistik ) dan banyak lagi.

6. PROSPEK PEKERJAAN YANG MELIMPAH RUAH

last but not least kita ada di poin 6, prospek pekerjaan untuk pemegang gelar sastra inggris itu banyak banget lo , ini beberapa pekerjaan yang bisa dipilih oleh kamu ketika udah lulus (sumbernya akan dicantumkan dibawah ya ):


1. Dunia Pendidikan : Sebagai guru bahasa Inggris di sekolah, dosen di universitas, atau tenaga pendidik di kursus bahasa Inggris.

2. Dunia Penerjemahan : Sebagai penerjemah naskah-naskah sastra atau teks berbahasa Inggris/berbahasa Indonesia. Bisa pula sebagai interpreter, yang langsung bertatap muka dan menerjemahkan secara lisan

3. Dunia Pariwisata : Sebagai pemandu wisata yang memandu turis-turis Barat yang tidak bisa
berbahasa Indonesia, namun bisa berbahasa Inggris.
4. Dunia Percetakan : Sebagai penulis, editor, periklanan, dan copy-writing.
5. Dunia Bisnis : Sebagai sekretaris, sebagai marketing, salesman, bidang ekspor-impor.
6. Dunia Jurnalistik : Sebagai reporter, wartawan, tim kreatif,penyiar(broadcaster).
7. Dunia Sastra : Sebagai kritikus sastra, ahli sastra, ahli bilingual,peneliti bahasa dan sastra.
8.Dunia Kepemerintahan : Sebagai diplomat, bekerja di Departemen Luar Negeri, sebagai PNS,dll.
9. Dunia Kewirausahaan : Sebagai pemilik kursus bahasa Inggris,sebagai pemilik usaha, dll.
10. Dunia Perbankan, Dunia Industri Kreatif, dll.

(sumber )













List Komentar